Informasi Umum
Irham Sarofi  

FAKTA UNIK DARI NYAMUK, BIKIN TERCENGANG!

Nyamuk adalah serangga yang suka menghisap darah. Nyamuk seringkali menyebabkan benjolan dan rasa gatal setelah kamu di gigit. Selain karena menganggu waktu tidur dan kenyamanan kegiatan kamu, nyamuk juga menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius. Contohnya demam berdarah dengue, malaria, sampai virus zika. Namun, kali ini kita tidak akan membahas tentang penyakit yang di sebabkan. Kali ini kita akan membahas fakta unik dari nyamuk yang bisa bikin kamu tercengang!!!

sumber: bing.com
  1. Mempunyai ribuan jenis spesies

Menurut American Mosquito Control Association, setidaknya ada lebih dari 3.000 spesies nyamuk di seluruh dunia. Namun hanya beberapa ratus spesies saja yang menghisap darah manusia

  1. Cara nyamuk makan

Cara mencari makan nyamuk yaitu bergantung pada karbon dioksida. Mengutip dari Western Extiminator Company, nyamuk memiliki organ khusus bernama Maxillary palp untuk membuntuti jejak karbon dioksida tyang keluar dari manusia. Namun, yang menghisap darah hanyalah nyamuk betina. Nyamuk betina memerlukan darah untuk membuat telur-telurnya berkembang. Sebenarnya betina maupun jantan sama sama mengkonsumsi nektar dari tanaman dan sari-sari buah. Nyamuk betina dapat menyerap darah kamu bahkan hingga 3 kali beratnya loh! gila banget.

  1. Perkembangbiakan nyamuk yang unik

Nyamuk betina dapat bertelu hingga 300 telur sekaligus. Seringkali, nyamuk betina bertelur di genangan air dan daerah yang sering banjir. Telur dapat menetas meskipun air hanya sedikit. Nyamuk betina dapat bertelur 3 kali sebelum mereka mati. Nyamuk betina dapat bertahan hidp hingga 2 bulan, sedangkan nyamuk jantan hanya bertahan 10 hari.

Baca juga: DUNIA PENDIDIKAN BERDUKA, CIANJUR YANG MALANG

  1. Nyamuk dapat melakukan hibernasi

Saat suhu lingkungan kurang dari 50*C, nyamuk akan mati. Sehingga betina dewasa mencari lubang atau celah yang mempunyai suhu diatas 50*C. Telur itu disimpan hingga suhu ruangannya sudah mencapai 50*C. Setelah suhu sudah memadai, betina melepaskan telurnya hingga telurnya bisa menetas. Betina yang sedang berhibernasi bisa bertahan hingga 6 bulan.

  1. Benjolan akibat gigitan disebabkan oleh air liur nyamuk

Nyamuk menghisap darah menggunakan mulutnya yang berbentuk seperti jarum untuk menembus kulit dan mencari jaringan kapiler. Nyamuk mempunyai 2 tabung. Satu tabungnya digunakan untuk menyedot darah, dan tabung satunya digunakan memompa air liur yang mengandung obat penghilang rasa sakit. Namun, kebanyakan diantara kita alergi pada cairan tersebut sehingga menyebabkan rasa gatal.

Itulah beberapa fakta unik dari nyamuk, terimakasih.

Leave A Comment