Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru
Informasi
Andita Lutfiatur Rahmadani  

Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru

Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah resmi membuka Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar. Program ini merupakan upaya membantu guru dan satuan pendidikan dalam memahami konsep guru merdeka belajar sekaligus meningkatkan kompetensi pengembangan diri secara mandiri agar dapat mengembangkan karier.

Istilah kurikulum “Merdeka belajar” pertama kali disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Program ini berangkat dari asumsi dasar bahwa proses belajar harus dilakukan dengan tujuan untuk membebaskan siswa, guru ataupun sekolah dari berbagai hal yang membelenggu.

Merdeka belajar yang menjadi tagline besar pada pidato menteri pendidikan, Nadiem Makarim, merupakan salah satu upaya untuk menggebrak sistem pembelajaran di Indonesia. Ia mengungkap bahwa keberhasilan pendidikan di Indonesia bergantung pada kemerdekaan belajar. Program ini dilanjutkan dengan menciptakan guru penggerak yang menjadi pendorong transformasi bagi pendidikan Indonesia.

Lalu apa itu kurikulum Merdeka Belajar Bagi Guru, tujuan, dan apa saja manfaatnya?

Program Guru Belajar dan Berbagi seri Guru Merdeka Belajar dirancang untuk menjawab persoalan yang dirasakan guru dalam menjalani profesinya. Beberapa persoalan yang dihadapi oleh guru diantaranya,

1) Banyaknya tugas dan tanggung jawab baik yang terkait dengan pembelajaran maupun administrasi

2) Guru sering mengikuti banyak pelatihan namun tidak sesuai dengan kebutuhannya

3) Guru merasa kelelahan dan merasa tidak berkembang kariernya meskipun sudah mengajar bertahun-tahun.

Memperhatikan berbagai persoalan yang dihadapi guru maka program ini bertujuan untuk membantu para guru di seluruh tanah air mendapatkan kunci pengembangan diri: kemerdekaan, kompetensi, kolaborasi dan karier.

Secara umum tujuan Guru program Guru Belajar seri Guru Merdeka Belajar adalah untuk meningkatkan kompetensi, menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri, dan berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier.

Adapun berikut ini merupakan manfaat program merdeka belajar bagi guru yang perlu diketahui, di antaranya yaitu:

1. Mengurangi Beban Guru
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, selain mengemban tugas mulia, guru juga harus dihadapkan dengan tugas tersulit. Dengan adanya program merdeka belajar, diharapkan dapat mengurangi beban yang dirasakan oleh guru. Di mana mereka dapat mengajar siswa dengan leluasa dan merdeka dari tugas administrasi yang terkadang memberatkan, merdeka dari tekanan intimidasi dan lainnya.

2. Disederhanakannya RPP
Kita tahu bahwa guru memiliki memiliki banyak kendala dalam menjalankan tugas di sekolah, mulai dari menerima siswa baru, menyiapkan administrasi guru termasuk RPP atau rancangan pelaksanaan pembelajaran hingga mengevaluasi. Dengan disederhanakannya RPP, maka hal tersebut dapat membantu mengurangi beban administrasi serta memberikan kebebasan pada guru.

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan sendiri membebaskan guru untuk membuat, menggunakan serta mengembangkan RPP. Terdapat tiga komponen penting dalam RPP yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan belajar serta asesmen.

3. Menciptakan Belajar Lebih Menyenangkan
Seperti yang kita tahu, bahwa guru memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan Indonesia dan menjadi garda terdepan untuk membentuk masa depan bangsa. Namun sayangnya proses pembelajaran di sekolah terkadang membosankan bagi guru maupun siswa. Dengan adanya program merdeka belajar, diharapkan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan dan bahagia, hal ini tentu mempengaruhi kualitas pembelajaran lebih baik.

Suasana belajar yang menyenangkan bukan hanya dapat meningkatkan semangat belajar siswa, melainkan para guru hingga orangtua pun bisa merasakan. Misalnya pada siswa sekolah dasar yang semakin semangat mengerjakan bank soal SD atau latihan soal SD, untuk menghadapi ujian dengan soal HOTS SD.

4. Bebas Berekspresi
Merdeka dalam belajar mempunyai maksud untuk mengeluarkan kebebasan berekspresi bagi guru maupun siswa di sekolah. Di mana tercipta lingkungan sekolah yang bebas dari berbagai hambatan dan tekanan psikologis. Khususnya pada guru yang memiliki kemerdekaan mengajar siswanya, sehingga mereka dapat fokus dan memaksimalkan mencerdaskan anak bangsa.

5. Kemerdekaan Guru
Pada dasarnya program kemerdekaan belajar bertujuan untuk memerdekakan guru. Seperti yang kita tahu, bahwa proses pembelajaran dibutuhkan kemerdekaan yang melekat pada anak maupun guru dan melibatkan dukungan banyak pihak. Kemerdekaan perlu diperjuangkan bukan diberikan. .

Sebagai guru, Anda mungkin pernah berhadapan dengan siswa yang tidak memiliki konsentrasi penuh, namun dituntut untuk menyelesaikan masalah tersebut. Atau Anda dituntut untuk mengubah nasib kemiskinan dan kegagalan keluarga lewat seorang siswa yang Anda ajarkan.

Meskipun guru berperan penting dalam dunia pendidikan namun tidak semua beban besar harus ditanggung oleh guru dan mengatakan bahwa guru merupakan kunci yang memiliki tanggung jawab untuk mengubah situasi. Dengan adanya program belajar merdeka, diharapkan guru tidak lagi menjadi seseorang yang selalu disalahkan dan ditinggal sendirian untuk menyelesaikan masalah.

6. Meningkatkan Kompetensi Guru
Meningkatkan kompetensi guru menjadi PR yang harus dilaksanakan untuk memajukan pendidikan Indonesia. Karena keberhasilan program merdeka belajar ditentukan oleh guru yang memiliki kompetensi baik. Namun sayangnya kompetensi yang dimiliki oleh guru belum merata, di mana masih banyak ketimpangan yang terjadi pada guru di daerah tertentu. Oleh sebab itu, diperlukan pelatihan terus-menerus untuk meningkatkan kompetensi guru dan meratakannya.

Untuk meningkatkan kompetensi menjadi guru bingung mulai darimana? anda bisa banget memulai dari Aktif mengikuti kegiatan KKG (Kelompok Kerja Guru) atau Komunitas Guru, Mengikuti pelatihan yang mendukung kualitas pembelajaran dan juga anda bisa mengikuti Ajang Guru Award BEE-FEST 2022 yang diselenggarakan oleh CV. BEE Digital Prestasi Nusantara.

Guru Award BEE-FEST 2022 ditujukan untuk memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru yang sudah berprestasi dan berinovasi agar menjadi guru yang dapat diteladani oleh Guru – Guru di seluruh Indonesia. Guru Award BEE-FEST 2022 diharapkan mampu menjadi pelopor untuk mengapresiasi jasa para pahlawan tanpa tanda jasa.

Terlebih lagi biaya pendaftarannya yang tidak dipungut biaya sepersen pun alias GRATIS!

Tunggu apalagi yuk segera daftarkan diri anda sekarang juga! agar anda semua bisa menjadi seorang guru yang dapat diteladani dan dicontoh baik oleh Guru – Guru dan Para Murid di seluruh Indonesia.

Leave A Comment