Susah Menghitung Matematika? Ini Dia Tipsnya!
Informasi
Andita Lutfiatur Rahmadani  

Susah Menghitung Matematika? Ini Dia Tipsnya!

Matematika, sebelumnya mempunyai sebutan ilmu hisab adalah bidang ilmu, yang mencakup studi tentang topik-topik seperti bilangan, rumus dan struktur terkait, bangun dan ruang tempat mereka berada, dan besaran serta perubahannya. Tidak ada kesepakatan umum tentang ruang lingkup yang tepat atau status epistemologisnya.

1. Menghitung dalam Hati

Tidak semua orang pandai berbicara dan berhitung dengan luwes dan terampil, ada sebagian orang yang hanya bisa bergumam dalam hati dan fikirannya untuk berhitung dan mengerjakan sesuatu yang berupa hitungan. Metode menghitung cepat dengan hati pada dasarnya kitankatakan lebih cepat dan efisien, karena hati akan langsung bersangkutan dengan fikiran sehingga lebih mudah pahami.

2. Menghitung dengan Logika

Pada dasarnya dalam belajar matematika terutama berhitung sangat kita butuhkan ilmu kelogisan yang kita sebut dengan logika. Logika memang hal yang logis dan pasti, itulah mengapa sebabnya logika yang masuk ke dalam teknik menghitung cepat. Akan mengubah pola pikir menjadi lebih rajin sehingga pemikiran kita akan lebih berkembang.

3. Membuat Footnote

Logika bisa dikaitkan dengan kreativitas, orang yang mempunyai kreativitas tinggi maka bisa ditaksir juga orang tersebut mempunyai logika yang bagus. Membuat footnote atau resume singkat dengan unik dan menarik akan membuat belajar lebih menyenangkan sehingga tidak akan ada yang kita katakan sulit selama proses pembelajaran. Footnote ini juga bisa dalam bentuk mind map yang gambar dengan efek 3D atau 2D yang membuat belajar lebih menarik, warna akan menyumbangkan unsur psikologis dalam diri kita dan juga akan meningkatkan logika.

Baca Juga: Cara Efektif dan Efisien Belajar UTBK 2022

4. Mampu Memahami Materi

Dalam belajar matematika kita dituntut untuk tidak menghafal tapi mengingat lalu mendeskripsikan. Akan sangat sulit bila belajar matematika harus menghafal rumus dan menghafal cara-cara atau step by step metode yang ajarkan. Dalam hal ini kita cukup melihat, mendengar, lalu ingatlah apa yang disampaikan tutor/guru otomatis kalian akan bisa mendeskripsikan dan step by step yang telah jelaskan juga akan teringat sampai nanti bukan hanya sementara.

5. Mengulang Materi yang diberikan

Pada dasarnya belajar hitungan hanya memerlukan berlatih, selain berlatih juga harus diselingi belajar yang tekun. Mengulang kembali pembelajaran yang telah ajarkan, karena percuma saja apabila belajar tanpa mengulang kembali materi. Belajar tidak mengenal batasan waktu, karena itu manfaatkanlah waktu belajar yang tersedia, sisihkan waktu luang untuk belajar dan mereview kembali materi.

6. Berlatih menghitung

Dalam belajar matematika harus kita lakukan. Ini wajib! Karena tanpa berlatih pembelajaran matematika ibaratkan hidup tanpa arti, berjalan tidak menapak, dan fikiran kosong. Ini berarti bahwa belajar matematika harus kita iringi dengan berlatih dan belajar rumus.

7. Fokus

Fokus merupakan salah satu syarat jika kita ingin menjadi pandai berhitung, dengan fokus terhadap suatu hal maka soal yang sedang kerjakan akan terkesan mudah. Karena dengan fokus biasanya inspirasi bermunculan.

Leave A Comment