Informasi Motivasi
Irham Sarofi  

TIPS KONSISTEN DALAM BELAJAR YANG DAPAT DITERAPKAN

Belajar menjadi aktivitas yang seharusnya dilakukan oleh para pelajar yang sedang menuntut ilmu. Baik itu di jenjang sekolah dasar, menengah, maupun pendidikan tinggi. Meskipun begitu, dalam belajar rasa malas juga sering muncul. Tidak jarang semangatmu menurun sehingga sudah bosan duluan sebelum mempelajari materi. Sehingga konsisten dalam belajar sangat diperlukan. Kondisi seperti itu menyebabkan mudah stress dan sebagainya. Jika tidak segera di atasi, bukan tidak mungkin jika nilai hasil belajarmu akan terjun bebas dari waktu ke waktu. Lantas, bagaimanakah cara untuk tetap menjaga konsistensi belajar? berikut lima tipsnya di bawah ini.

Tentukan jadwal secara urut

Padatnya kesibukan belajar memang sering bikin kita pusing tujuh keliling. Ditekan oleh banyaknya tugas, rasanya sudah tidak sanggup, deh. Alih-alih berjalan lancar, yang ada aktivitas belajarmu malah terbengkalai karena konsentrasi terpecah. Kondisi seperti ini jika tidak diatasi tentu akan semakin menghambat prestasimu.

Jika kamu ingin keluar dari situasi yang seperti itu, salah satu tips yang bisa dilakukan yaitu dengan menentukan jadwal secara mendetail. Dengan adanya kegiatan yang tertata dengan rapi, kamu dapat mengatur waktu secara cermat sehingga konsistensi belajar bisa selalu terjaga.

Jangan lupa buat target secara berkala

Menjalani peran sebagai seorang pelajar, sudah pasti kegiatan belajar materi maupun mengerjakan tugas menjadi rutinitas yang wajib dilakukan. Meskipun begitu, pada kenyataannya masih banyak, lho yang belajarnya terbengkalai. Bahkan kamu cenderung tidak konsisten dalam belajar.

Untuk mengatasinya, salah satu tips yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membuat target secara berkala. Bagi tujuan yang ingin kamu capai ke dalam tiga fase. Kamu bisa menetapkan apa saja target yang ingin dicapai dalam jangka pendek, jangka menengah, dan juga jangka panjang.

Aktivitas belajar memang menguras energi, waktu, dan juga pikiran. Meskipun begitu, pada faktanya masih banyak orang yang tidak konsisiten dalam belajar, lho. Alih-alih mau meluangkan waktu belajar setiap hari atau minggu, mereka justru hanya belajar ketika menjelang ujian.

Jika kamu termasuk sosok pelajar yang ingin konsistensi belajarmu tetap terjaga dengan baik, salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu dengan menerapkan aktivitas belajar secara bertahap. Tetapkan mana saja materi yang ingin kamu pelajari dalam jangka waktu harian, mingguan, dan juga bulanan.

Evaluasi proses belajarmu

Aktivitas belajar memang susah-susah gampang. Tidak jarang kamu akan terjebak dalam kemalasan sepanjang waktu. Rasanya mau bangkit dan mempelajari materi berat banget, deh. Kamu tidak tahu mana saja materi yang sudah dikuasai dengan baik maupun yang masih belum bisa dipahami.

Untuk menjaga agar konsistensi belajarmu tetap terjaga, salah satu tips yang bisa dilakukan yaitu dengan mengevaluasi seberapa jauh proses perkembangan yang telah kamu capai. Buatlah catatan perkembangan terkait mana saja yang sudah kamu kuasai dan mana saja yang masih perlu dipelajari lebih dalam lagi.

Jangan lupa apresiasi diri sendiri

Semua orang tentu pernah mengalami fase kebosanan dalam belajar. Rasa capek dan letih belajar membuatmu tidak bersemangat di hari-hari berikutnya. Bahkan membayangkan tumpukan buku saja rasanya sudah malas. Kondisi seperti ini tentu harus segera diubah agar konsistenmu dalam belajar tetap terjaga.

Self reward merupakan salah satu cara yang bisa dipilih untuk mengembalikan semangat belajarmu yang telah memudar. Kamu bisa sejenak menikmati waktu dengan ngeteh atau ngopi. Dengan mengapresiasi diri sendiri, kamu akan merasakan semangat kembali terisi sehingga konsisitensi belajar di waktu selanjutnya akan tetap terjaga dengan baik.

Menjaga konsistensi belajar memang susah-susah gampang. Jika kamu mengalami kesusahan akan hal tersebut, jangan lupa terapkan lima tips di atas, ya.

Baca juga: CARA MENJAGA KESEHATAN MATA YANG BAIK DAN BENAR

1 Comment

  1. […] Baca Juga: TIPS KONSISTEN DALAM BELAJAR YANG DAPAT DITERAPKAN […]

Leave A Comment