Informasi
Irham Sarofi  

Proses Terjadinya Aurora yang Indah, Menarik untuk Diulas!

Halo, balik lagi nih sama mimin. Kali ini mimin bakal bahas proses terjadinya aurora yang indah. Aurora merupakan fenomena alam yang hanya terjadi di daerah kutub utara dan kutub selatan saja. Sehingga bagi kita yang hidup di daerah yang dilintasi garis katulistiwa tidak dapat melihatnya. Namun suatu peristiwa pasti memiliki asal usul dan proses terjadinya. Ini dia proses terjadinya!!!

Proses Terjadinya Aurora yang Indah

ssumber: bing.com

Proses terjadinya aurora berasal dari atom-atom atau molekul dari sinar matahari yang bertabrakan dengan partikel bermuatan, terutama elestron dan proton sinar matahari. Partikel-prtikel ini terlempar hingga dengan kecepatan lebih dari 500 mil per detik dan kemudian partikel-partikel ini akan terhisap oleh medan magnet bumi di sekitar kutub utara dan selatan.

Baca juga: Fakta Unik Tentang Salju yang Wajib Kamu Tahu!

Setelah itu, aurora yang berwarna hijau terbentuk dari benturan partikel-partikel elektron dengan molekul nitrogen. Kemudian aurora berwarna merah merupakan aurora yang berasal dari benturan elektron dengan oksigen. Perlu diketahui bahwa proses terjadinya aurora dapat dipengaruhi oleh angin matahari. Angin matahari adalah sebuah aliran partikel yang keluar dari matahari yang menggerakan sebagian besar muatan listrik di atmosfer bumi.

Itulah dia proses terjadinya aurora. Dengan mengulas tentang fenomena alam, rasa ingin tahu kita akan menjadi bertambah kan? Oleh karena itu mari kita jaga lingkungan dan alam kita agar keindahan ini bisa kita nikmati hingga anak cucu kita kelak. Sekian dan terimakasih!

Leave A Comment